Kamis, 20 Oktober 2011

Memahami Objek pada Visual Basic

Setiap objek pada Visual Basic didefmisikan oleh suatu class. Untuk memahami hubungan antara objek dengan class-nya, perhatikan contoh berikut :
  • Kontrol-kontrol yang barada pada jendela Toolbox pada Visual Basic merupakan class-class. Objek tersebut dikenal sebagai kontrol tidak akan ada sampai anda menanamkannya pada suatu form. Ketika anda menanamkan suatu kontrol, anda telah membuat suatu duplikasi atau instance dari class kontrol tersebut.
  • Form dimana anda bekerja pada saat desain adalah suatu class. Pada scat run time, Visual Basic menciptakan suatu instance dari class form.
Gambar 2-1, kontrol Text] yang ditanam diatas form berasal dari class Textbox
Misalnya anda menamkan sebuah textbox diatas forml, coba perhatikan jendela properti kontrol tersebut akan menampilkan Text l (nama dari kontrol textbox tersebut) dan Textbox (nama dari class kontrol tersebut).
 

Gambar 2-2, jendela property menunjukkan nama kontrol dan jenis Class-nya 
 
Semua objek merupakan duplikasi dari class mereka. Sesaat setelah menjadi objek berdiri sendiri, masing-masing dapat memiliki properti yang berbeda-beda.
Misalnya anda menanam tiga bush command button pada suatu form, masing-masing command button merupakan instance dari class CommandButton sehingga memiliki sejumlah karakteristik dan kemampuan (properti-properti, metode-metode, dan event-event) yang sama, dimana yang terdefuusi pada class-nya. Tetapi, masing-masing dapat memiliki Name, Caption, BackColor, Style yang berbeda sesuai dengan pengaturan pada masing-masing properti.
 
Gambar 2-3, masing-masing kontrol dapat memiliki properti masing-masing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar